Thứ Sáu, 19 tháng 12, 2014

Cara Memperbaiki iPhone, iPad dan iPod is Disabled atau Nonaktif

Cara Memperbaiki iPhone, iPad dan iPod is Disabled atau Nonaktif - Mungkin anda pernah menemukan, perangkat anda keadaan dalam nonaktif atau disable, dan seketika andapun merasa panik, karena biasanya iPhone, iPad dan iPod touch menampilkan waktu jeda beberapa menit sebelum anda kembali memsukan Passcode biasanya tergantung berapa kali kesalahan terjadi, semakin banyak, berarti semakin lama anda menunggu, mungkin anda lupa atau teman anda yang meminjam perangkat anda berusaha memasukan membuka perangkat anda dengan menebak dan memasukan kode yang salah.

Terjadinya hal ini karena disebabkan anda salah memasukan passcode yang telah diatur sebelumnya melalui aplikasi setting, untuk melindungi atau menjaga privasi di perangkat anda. Dengan memcoba meng-input passcode selama 6 kali secara berturut-turut, secara otomatis iPhone, iPad dan iPod touch yang menjalankan sistem operasi iOS 8, akan menanpilkan "is Disabled" atau "Nonaktif".

Untuk memperbaiki masalah ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya, kita mulai yang sederhana, jika penyebab masalah karena orang lain atau teman anda, sebaiknya anda menunggu waktu jeda sebelum anda diminta kembali untuk memasukan passcode, kemudian selanjutnya masukan passcode yang benar untuk membuka perangkat anda.

Namun, jika anda benar-benar lupa dengan passcode yang anda set sebelumnya,  ada tidak pilihan cara yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki Memperbaiki atau mereset iPhone, iPad dan iPod is Disabled atau Nonaktif.

Cara Memperbaiki iPhone, iPad dan iPod is Disabled atau Nonaktif

Cara pertama dengan menggunakan iTunes untuk pemulihan

Tapi perlu anda ketahui menggunakan cara ini, hanya berlaku jika anda pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya pada komputer yang terinstall iTunes.

Step 1 :  Hubungkan iPhone, iPad atau iPod touch anda ke komputer menggunakan kabel USB, tapi ingat komputer yang pernah anda sinkronisasi dengan perangkat anda.

Step 2 : Namun, jika ternyata komputer tersebut tidak pernah anda gunakan untuk sinkronisasi, secara otomatis iTunes akan meminta kode sandi, sebaiknya gunakan komputer lain, yang pernah anda sinkronisasi dengan perangkat anda.

Step 3 :Nah, jika komputer yang anda gunakan pernah di-sinkronisasi, otomatis iTunes akan melakukan sinkronisasi untuk membuat cadangan atau backup data untuk perangkat anda.

Step 4 : Setelah proses sinkronisasi atau penyelarasan selesai, selanjutnya pilih "Restore perangkat" (iPhone, iPad atau iPod Touch) terngantung device yang anda gunakan.

Step 5 : Silahkan anda menungu hingga proses pemulihan selesai, karena iTunes akan mendownload software iPSW dan akan meng-instalnya secara otomatis pada perangkat anda. lamanya proses ini juga tergantung dari kecepatan koneksi internet yang terhubung pada komputer yang digunakan.

iTunes Restore

Step 6 : Jika proses pemulihan atau restore berhasil, iTunes akan meminta anda untuk mengatur perangkat anda ke "Set Up as New iPhone" atau "Restore from iTunes backup." Untuk mendapatkan data anda kembali, sebaiknya pilih Restore, tapi pilih backup yang paling terbaru (Baca: Step 3 )

Cara Kedua menggunakan Fitur "Find My iPhone"

Cara ini, menggunakan layanan iCloud, karena selain berfungsi untuk meng-backup data-data dan melacak lokasi perangkat hilang, cara ini juga bisa anda gunakan untuk Menghapus atau meng-format perangkat anda, dengan metode remote. Tapi perlu anda ingat,  sebelumnya anda telah mengaktifkan fitur "Find My iPhone" yang ada di Aplikasi Setting - iCloud dengan menggunakan Apple iD.

Step 1: Jika anda merasa ragu, apakah anda pernah meng-aktifkan fitur ini di perangkat anda, silahkan anda cek terlebih dahulu dengan mengunjungi https://www.icloud.com/#find, Setelah itu web tersebut akan menampilkan form untuk login, silahkan anda login menggunakan Apple ID dan password anda.

Step 2 : Setelah Login ke iCloud melalui browses di komputer anda, silahkan periksa perangkat anda, klik "All Device" yang terletak pada bagian tengah atas jendela browser.

Step 3 : Klik perangkat (iPhone, iPad atau iPod) yang ingin anda hapus atau format, kemudian dilanjutkan dengan Meng-klik "Erase [Perangkat]", dengan cara ini semua data-data dan termasuk passcode juga akan terhapus.

Note : Tapi jika perangkat anda telah jailbreak, sebaiknya hindari menggunakan cara ini, karena bisa saja perangkat anda akan stuck di boot logo apple.

Cara Ketiga Menggunakan Pemulihan Perangkat (Recovery Mode).

Apa bila anda terkendala dalam menggunakan kedua cara sebelumnya, karena perangkat anda belum pernah melakukan sinkronisasi di iTunes dan mengatur iCloud pada perangkat.

Silahkan gunakan cara terkahir ini. Sama seperti cara pertama, kita tetap akan menggunakan iTunes yang terinstall pada komputer untuk melakukan pemulihan, tapi ada beberapa hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu, seperti perangkat anda harus berada pada posisi recovery Mode (menampilkan Gambar USB dan iTunes).

Step 1 : Kita akan memposisikan iPhone, iPad dan iPod ke Recovery mode, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini. bertujuan untuk menghindari iTunes meminta password kepada anda. Karena komputer yang anda gunakan belum pernah di-sinkronisasi sebelumnya.

Namun, perlu anda ketahui, ada dua metode pemulihan yang bisa anda pilih, pertama pemulihan otomatis dan yang kedua menggunakan metode manual.

  • Lepaskan kabel usb yang menghubungkan perangkat anda ke komputer.
  • Selanjutnya tekan tombol power/sleep untuk mematikan perangkat anda.
  • Jika perangkat benar-benar sudah tidak menyala lagi, tekan dan tahan tombol Home.
  • Masih dalam kondisi anda menekan dan menahan tombol home, sambungkan perangkat anda ke komputer menggunakan kabel USB, hingga perangkat anda menyala dengan sendirinya dan menampilkan gambar iTunes dan USB dan lepaskan tombol home.
  • Secara otomatis iTunes akan mendeteksi perangkat anda dalam recovery mode, dan membutuhkan pemulihan agar bisa digunakan kembali.
Reovery Mode iPhone, iPad dan iPod

Step 2 : Setelah perangkat anda berhasil memasuki Recovery mode,  Silahkan pilih "Recovery [Device]. ini menggunakan cara otomatis, karena iTunes akan mendownload ipsw terbaru dari server apple untuk perangkat.

Step 3 : Untuk menggunakan Cara manual, anda bisa mendownload file iPSW terbaru (Saat ini iOS 8.1.2) atau yang masih open signing secara terpisah. kemudian anda restore manual menggunakan iTunes.

Semua cara yang dijelakan diatas, akan menghapus semua data-data yang berada di perangkat anda. jadi jika anda mempunyai backup sebelumnya silahkan anda restore backup menggunakan iTunes. Tapi hampir kebanyakan pengguna untuk memperbaiki masalah ini menggunakan cara ketiga atau terakhir.

Jika masih ada pertanyaan terkait masalah ini, silahkan anda sampaikan melalui kolom komentar di Blog ini, saya akan senang hati akan membantu anda. 

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét